Tahu Nggak, sob?

Lagu Kebangsaan Indonesia pertama kali mengalun tanpa syair, tahu nggak Sob?

img_3140
Written by Alpha Team

Tahu Nggak, Sob?

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya mengalun tanpa syair ketika pertama kali diperdengarkan dalam Kongres Pemuda ke-2 28 Oktober 1928.

Jadi, pada waktu itu Wage Rudolph Supratman meminta kesempatan kepada pimpinan rapat Soegondo Djojopoespito untuk memainkan lagu “Indonesia” (belum berjudul Indonesia Raya pada saat itu) pada akhir rangkaian Kongres Pemuda ke-2. Namun setelah Soegondo melihat notasi dan syair yang akan dibawakan, ia merasa lagu kebangsaan ini memiliki potensi membakar semangat para pemuda untuk mengadakan perlawanan langsung terhadap pemerintahan Hindia Belanda. Seandainya terjadi, tentu saja hal ini akan membahayakan keberadaan Kongres Pemuda dan cita-cita perjuangan persatuan Indonesia pada saat itu pun akan sulit tercapai.

Oleh karena itu, maka Soegondo pun mempersilahkan W. R. Soepratman untuk memainkan lagu ciptaannya dengan catatan tanpa syair. Akhirnya, lagu kebangsaan Indonesia ini pun berkumandang indah melalui gesekan dawai biola yang dimainkan langsung oleh W. R. Soepratman.

Selanjutnya, lirik asli lagu Indonesia Raya pun baru dipublikasikan pada tanggal 10 November 1928 melalui surat kabar Tionghoa berbahasa Melayu yang juga merupakan tempat W. R. Soepratman bekerja sebagai seorang jurnalis, Sin Po.

Leave a Comment