Hai Sobat Suar, tinggal di wilayah perkotaan ternyata nggak selalu bakal bosen dengan pemandangan gedung-gedung, macet, atau polusi aja lho. Wilayah perkotaan seperti Jakarta contohnya, punya beberapa alternatif tempat piknik dan rekreasi yang bisa bikin kaum urban refresh sejenak dari padatnya kehidupan perkotaan. Nah, dalam segmen Jelas Diulas edisi ini, Suar bakal bahas beberapa tempat wisata di Jakarta tersebut. Uniknya, tempat-tempat wisata ini bisa Sobat Suar sambangi dengan bebas biaya alias gratis! Langsung aja, nih 5 tempat piknik gratis di Jakarta, Sob!

 

1 . Taman kota di sekitar Jakarta

Jakarta adalah salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki konsep kota taman ketika didirikan. Oleh karena itu, Sobat Suar pasti bakal sering banget nemuin taman-taman yang menarik, bahkan seringkali jadi landmark di seluruh wilayah Kota Jakarta. Beberapa taman yang cukup bersejarah dan bisa kalian jadikan tempat piknik atau rekreasi gratis antara lain adalah Taman Suropati, Taman Menteng, Taman Situ Lembang, dan Taman Waduk Ria Rio.

Tiap Taman punya karakteristiknya masing-masing dengan obyek menarik yang berbeda pula. Misalnya Taman Waduk Ria Rio dan Taman Situ Lembang terkenal dengan obyek wisata berupa danau yang dikelilingi taman, Taman Suropati terkenal karena letaknya yang berada di tengah Kota Jakarta dan memiliki beberapa monumen cantik di dalamnya, atau Taman Menteng yang memiliki banyak fasilitas olahraga dan bersantai. Selain beberapa contoh taman ini, sebenarnya masih banyak lagi taman kota cantik lainnya yang bisa kalian datangi untuk berekreasi secara gratis. Monggo di cek ya, Sob!

  • Alamat: Sekitar Jakarta (Kalau bingung, Googling aja)
  • Jam buka: Beberapa buka dari pagi sampai malam, tapi sebagian besar 24 jam.
  • Rating Suar: 4/5 – Asyik

2 . Kawasan Kota Tua Jakarta

Sebagai pusat pemerintahan dan ekonomi Negara Indonesia, Kota Jakarta nggak bisa lepas dari kisah sejarah terbentuknya. Perusahaan dagang Kerajaan Belanda atau yang lebih dikenal sebagai VOC ternyata meninggalkan banyak sekali jejak arsitektur yang masih bertahan hingga saat ini. Sebagian bangunan tua yang sudah dikenal ada dalam kawasan ini antara lain, Museum Fatahillah (Sejarah jakarta), Gedung Wayang, Cafe Batavia, Stasiun Beos, Toko Merah, dan Jembatan Kota Intan. Nah, buat Sobat Suar yang tinggal di Jakarta pasti udah nggak asing lagi kan dengan Kawasan Kota Tua ini? Buat yang belum, kalian harus coba datangin kawasan ini kalau berkunjung ke Jakarta.

Beberapa waktu belakangan, Kawasan Kota Tua Jakarta semakin mempercantik dirinya. Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta ternyata tidak main-main dalam upaya revitalisasi kawasan yang memiliki nilai sejarah tinggi ini. Tidak hanya merenovasi bangunan-bangunan tua saja, namun juga menata kembali kawasan ini dan melengkapinya dengan berbagai fasilitas yang bermanfaat bagi publik. Walaupun beberapa masih dalam tahap pengerjaan, tapi kawasan ini tetap bisa Sobat Suar kunjungi untuk piknik atau berekreasi sekaligus belajar tentang sejarah Kota Jakarta, dan yang lebih asyik lagi, gratis!

  • Alamat: Kawasan Kota Tua Jakarta, Tamansari, Jakarta Barat.
  • Jam buka: 24 Jam
  • Rating Suar: 4.5/5 – Asyik Banget

3. Monumen Nasional

Kalau tempat yang satu ini harusnya udah nggak asing lagi namanya buat Sobat Suar. Yup, Monumen Nasional atau yang biasa disebut MONAS ini memang udah jadi landmark-nya Jakarta bahkan Indonesia sejak masa pemerintahan Presiden Soekarno. Pada masa itu, Indonesia belum lama meraih kemerdekaannya dan keberadaan Monumen berbentuk Lingga dan Yoni ini merupakan simbol dari perjuangan tersebut.

Nah, saat ini Monas udah jadi kawasan wisata yang “wajib” dikunjungi oleh seluruh wisatawan baik dari dalam dan luar negeri yang berkunjung ke Kota Jakarta. Kawasan ini dilengkapi oleh berbagai fasilitas yang membuat para pengunjung semakin merasa nyaman. Taman di sekitar Monas pun udah relatif bersih, nyaman untuk piknik dan bebas dari pedagang kaki lima. Walaupun demikian, buat pengunjung yang merasa lapar tidak perlu kuatir karena Pemerintah DKI Jakarta sudah menyediakan food court yang terlokalisir dan terintegrasi dengan lapangan parkir kendaraan. Semua ini gratis, Sob!, kecuali biaya untuk masuk ke monumennya dan jajannya ya, hehehe.

  • Alamat: Lapangan Medan Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat.
  • Jam buka: 05.00 – 22.00
  • Rating Suar: 4/5 – Asyik

4. RTH & RPTRA Kalijodo

Sob, tempat wisata gratis berikutnya tergolong baru dan masih lumayan hits nih. Sejak awal berdirinya, RTH (ruang terbuka hijau) dan RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak)  Kalijodo ini semang selalu mengundang sensasi. Maklum, dulunya kawasan ini dikenal sebagai lokalisasi maksiat (waduuh). Tapi, sekarang nggak perlu kuatir Sob, tempat ini udah jadi kawasan yang asyik banget buat rekreasi.

Kalian nggak perlu keluarin uang sepeser pun untuk menikmati kawasan ini, kecuali untuk parkir kendaraan dan jajan makanan. Jangan salah, walaupun gratis, tapi Kalijodo punya banyak banget wahana yang menarik untuk piknik dan rekreasi. Tempat ini dilengkapi area skateboard, jogging track, taman bermain anak, teater publik, bahkan food court. Pokoknya, nggak rugi sama sekali untuk sekali waktu kalian kunjungin tempat asyik buat nge-gaul ini.

  • Alamat: Jl. Bidara Raya No.18, Tambora, Jakarta Utara.
  • Jam buka: 24 jam
  • Rating Suar: 4.5/5 – Asyik Banget

5. Setu Babakan

Ulasan terakhir tentang tempat wisata gratis kali ini adalah Setu Babakan. Ngomongin Setu Babakan nggak akan lepas dari keberadaan suku asli yang tinggal di wilayah DKI Jakarta, yaitu Suku Betawi. Sejak tahun 2000, wilayah danau buatan yang menampung sebagian air dari Sungai Ciliwung ini sudah menjadi pusat pelestarian budaya asli Suku Betawi. Memang tempatnya agak ke pinggiran Kota Jakarta, tapi percayalah kalian nggak akan rugi piknik ke tempat ini.

Sampai saat ini, untuk masuk ke kawasan Setu Babakan sama sekali nggak dipungut biaya, kecuali untuk parkir kendaraan. Dalam kawasan ini, pengunjung biasanya bisa bersantai di warung-warung makanan khas Betawi yang terdapat di pinggir danau, memancing, atau belajar lebih jauh tentang kebudayaan Suku Betawi. Lingkungan yang masih asri dengan pohon-pohon yang rindang yang jauh dari kebisingan jadi keistimewaan Setu Babakan dibanding tempat lainnya. Nah, Sob, kalau kalian ingin piknik sambil lebih mengenal lagi budaya abang, none, encang, encing, nyak, babe dari Betawi … Nyok kite datengin Setu Babakan!

  • Alamat: Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.
  • Jam buka: 06.00 – 18.00
  • Rating Suar: 4.5/5 – Asyik Banget

Yaaak Sob, gimana nih ulasan tentang tempat piknik gratis di sekitaran Kota Jakarta ini? Mudah-mudahan bermanfaat ya. Jadi, rekreasi di kawasan perkotaan ternyata nggak selalu harus pusing mikirin biaya masuk lokasinya. Banyak pilihan di tiap kota besar untuk beriwisata, rekreasi, atau piknik tanpa biaya. Semua balik ke cara pandang diri kita masing-masing tentang tempat-tempat asyik ini, dan yang terpenting aktif mencari tahu. Inget, walaupun gratis tapi kebersihan dan kenyamanan pengunjung lain tetap penting untuk dijaga. Selamat menikmati rekreasi piknik kalian ya, Sob.

(sumber: berbagai media)

Leave a Comment