DUNIA DINO Tahu Nggak, sob?

Tahu Nggak Sob, Tentang Si Dinosaurus dan Burung ?

Judul
Written by Suar

Apa sih hubungan Dinosaurus dan Burung?

Sob, kebayang nggak sih spesies burung (Aves) seperti Elang, Merpati, bebek, bahkan ayam punya nenek moyang dinosaurus? Iya bener, reptil raksasa yang pernah hidup di muka bumi ratusan juta tahun yang lalu. Jadi, pada akhir abad ke 19 terdapat satu penemuan di salah satu bagian wilayah Jerman. Sebuah fosil hewan prasejarah menyerupai burung ditemukan dan diberi nama Archaeopteryx. Sejumlah ilmuwan pada masa itu pun berlomba untuk meneliti penemuan mutakhir tersebut dan salah satunya bernama Thomas Henry Huxley. Mereka berpendapat bahwa Arcaheopteryx merupakan burung tertua yang pernah diketahui dan dianggap sebagai bangsa aves pertama di bumi.

Hasil dari penelitian lanjutan ini ternyata menggemparkan, Sob. Huxley bersama sejumlah ilmuwan lain meneliti struktur tulang Archaeopteryx dan mereka justru menemukan ada kesamaan struktur kerangka antara Archaeopteryx dan beberapa Dinosaurus yang berjalan dengan dua kaki (theropoda) seperti Microraptor, Dromaeosaurus, maupun Oviraptor. Tidak hanya struktur tulang, pada berbagai penelitian lanjutan reptil-reptil theropoda ini ternyata juga memiliki bulu-bulu di bagian lengan dan beberapa bagian tubuh mereka.

Penelitian tentang adanya hubungan kerabat antara bangsa Aves dan Reptil ini pun berlanjut sampai saat ini. Pemimpin peneliti paleontologi dari Universitas Adelaide, Michael Lee melengkapi pendapat para ahli tentang adanya kemungkinan evolusi beberapa jenis theropoda menjadi burung modern. Ia mengatakan, “Mereka (dinosaurus theropoda) merupakan kelompok yang paling cepat berkembang menjadi nenek moyang burung. Jadi, pada akhirnya, dinosaurus paling mudah beradaptasi dan selamat untuk jangka panjang. Mereka kini mengelilingi kita dengan kemegahan bulu-bulunya.”

Perubahan nggak cuma ada di struktur tulang, tapi juga di ukuran tubuh yang semakin mengecil, pola hidup hingga kemampuan untuk terbang. Walaupun kadang masih muncul beberapa perdebatan terkait proses evolusi ini, tapi sebagian besar ilmuwan saat ini sudah yakin pada pendapat tersebut. Mereka berkesimpulan bahwa dinosaurus theropoda merupakan nenek moyang bangsa burung (Aves).

(Tim Suar)

 

Sumber:

https://www.theguardian.com/science/lost-worlds/2014/feb/13/birds-and-dinosaurs-one-of-the-great-fossil-connections

http://www.dw.com/id/dinosaurus-nenek-moyang-burung/a-17825568

https://evolution.berkeley.edu/evolibrary/article/evograms_06

https://www.isains.com/2014/07/asal-usul-burung-terbang-terungkap-dari.html

http://www.els.net/WileyCDA/ElsArticle/refId-a0003322.html

Leave a Comment