Tahu Nggak, sob? TAHUN BARU 2018

FAKTA DI BALIK LAGU “AULD LANG SYNE”

for-auld-lang-syne-happynewyear-coloring-page-1431903622
Written by Suar

Sobat Suar, setiap memasuki masa akhir tahun, salah satu lagu yang paling sering diperdengarkan di berbagai acara tutup tahun adalah “Auld Lang Syne”. Judul lagu yang ditulis dalam bahasa Skotlandia ini memiliki arti “Sejak Dahulu Kala” dalam bahasa Indonesia dan akhirnya lagu ini pun dikenal dengan judul “Lagu Perpisahan” ketika diterjemahkan dalam Bahasa indonesia.

Tapi tahu nggak Sob, tentang beberapa fakta lain mengenai keberadaan salah satu lagu legendaris sepanjang masa ini?

1231

Berikut ini, Suar akan bagikan beberapa fakta tentang Auld Lang Syne yang mungkin belum banyak kita ketahui:

  1. Lagu ini memiliki lirik yang diambil dari beberapa puisi penyair lama Skotlandia seperti Robert Burns (1759-1796), Robert Ayton(1570–1638), Allan Ramsay (1686-1757), dan James Watson (1711). Sedangkan, irama musiknya diambil dari salah satu lagu tradisional Skotlandia yang sudah sangat tua.
  2. Walaupun mulai dikenal publik sejak sekitar abad ke 18, namun lagu ini baru benar-benar dianggap populer pada 1929 ketika seorang musisi Amerika Serikat kelahiran Kanada bernama Guy Lombardo membawakan Auld Lang Syne pada sebuah acara penutupan tahun di salah satu hotel di New York.
  3. Lagu ini menceritakan tentang kenangan waktu-waktu indah bersama sahabat dan sebuah janji untuk terus mengingatnya hingga di masa-masa mendatang.
  4. Lagu ini tidak hanya dinyanyikan pada saat menjelang pergantian tahun, tetapi juga sering diperdengarkan pada masa berkabung, pemakaman, wisuda kelulusan, bahkan peringatan hari-hari besar lainnya.
  5. Beberapa negara seperti Maladewa dan Korea Selatan bahkan telah menjadikan lagu ini sebagai salah satu lagu nasional kenegaraan.

Auld-Lang-Syne-800_tcm4-575

Nah, itu dia Sob beberapa fakta terkait lagu Auld Lang Syne yang menurut Suar cukup menarik untuk dibagikan. Semoga informasi ini juga bisa jadi pengiring kalian dalam menyambut tahun baru. Selamat Tahun Baru, Sob!

(Suar)

 

Sumber:

https://www.antaranews.com/berita/537786/fakta-dibalik-lagu-auld-lang-syne

http://srireskyawati.blogspot.co.id/2014/09/sejarah-lirik-lagu-dan-terjemahan-auld.html

Leave a Comment