Kamar Inspirasi TAHUN BARU 2018

RESOLUSI ITU?

Judul
Written by Suar

Haloooo Sobat Suar….
Menjelang Tahun Baru biasanya kita-kita suka banget membuat review dan plan soal RESOLUSI. Nah, tapi sebenernya apa sih yang disebut sebagai resolusi itu?

www.nationalgeographic.co.i

Sob, Suar kutip sumber yang paling umum dulu ya. Kalau menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Online, kata Resolusi punya arti ”putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.” Jadi, kira-kira arti umum resolusi adalah sebuah permintaan/tuntutan dalam bentuk kesepakatan bersama.

Untitled-1

Pengertian lain tentang kata resolusi juga muncul dalam dunia teknologi digital. Bagi kita yang seringkali berurusan dengan kamera, proyektor, atau layar LCD pasti sering banget lihat istilah resolusi ketika ingin menentukan varian gadget yang bakal kita gunakan. Nah, untuk kasus ini resolusi lebih merujuk pada kerapatan gambar (piksel). Walaupun beda, tapi kedua arti resolusi ini menurut Suar punya keterkaitan, terutama pada arti kesepakatan dan kerapatan.

Jujur Sob, waktu baca arti resolusi menurut KBBI ini, Suar merasa agak berbeda dengan resolusi yang biasa dibuat orang-orang saat menjelang tahun baru. Namun demikian, beberapa sumber sih memang mengatakan ada sedikit pergeseran makna pada kata resolusi yang berarti harapan satu pihak tentang apapun yang menjadi prioritas di masa yang akan datang. Setelah Suar pikir-pikir sebenernya masih ada hubungannya sih. Secara nggak langsung, harapan-harapan ini adalah sebuah kesepakatan pribadi untuk menuntut/meminta diri sendiri memprioritaskan beberapa hal sebagai fokus di masa mendatang demi terciptanya hal-hal yang lebih baik daripada sebelumnya. Gimana menurut kalian?

Resolusi itu

Ya apapun pengertiannya, tapi kita semua pasti sepakat kalo resolusi dalam menyambut tahun baru adalah sesuatu yang positif. Sebuah rencana atau visi-misi di masa mendatang guna memperbaiki apa yang sudah berjalan dan menyempurnakan beberapa hal menjadi lebih baik lagi adalah sesuatu yang baik. Walaupun, masalah biasanya baru muncul ketika resolusi tersebut mulai dijalankan. Sebuah studi pada tahun 2007 yang dilakukan oleh Richard Wiseman dari Universitas Bristol dengan melibatkan 3.000 responden menunjukkan bahwa 88% dari mereka yang memiliki resolusi Tahun Baru gagal mewujudkannya, meskipun 52% dari responden yakin pada awalnya bahwa mereka akan berhasil mewujudkannya. Oleh karena itu, terkait hal ini, dalam artikel edisi spesial Tahun Baru ini Suar ingin menyampaikan beberapa tips dalam merealisasikan resolusi yang kita susun di awal tahun.
1. MULAI MEMBUAT POIN RESOLUSI DARI YANG MASUK AKAL UNTUK DICAPAI
Ingat pepatah “Bagai Pungguk Merindukan Bulan”, kelebihan dan kekurangan diri kita harus kita ketahui terlebih dulu. Bermimpi memang boleh, namun ingat bahwa setiap pribadi memiliki batasnya masing-masing. Sebagai contoh, bila baru saja bekerja dalam sebuah perusahaan sebagai karyawan level menengah, sebaiknya jangan langsung membuat resolusi membeli perusahaan tersebut pada tahun yang sama.
2. CATAT POIN-POIN RESOLUSI SECARA JELAS DAN SPESIFIK
Hal ini penting Sob, mengingat manusia itu rentan dengan yang namanya lupa. Selain itu, hal ini sangat diperlukan agar kita bisa benar-benar fokus dan terarah dalam mewujudkan resolusi yang dibuat tanpa harus kebingungan dengan tujuan yang akan kita capai.
3. SEMANGAT DAN JANGAN MUDAH PUTUS ASA
Ini penting untuk ditanamkan dalam diri. Tidak ada hal yang mustahil untuk diwujudkan, tapi kadang manusia itu mudah menyerah ketika usahanya menemui jalan buntu dan kegagalan.
4. JANGAN FOKUS PADA BANYAK POIN RESOLUSI
Nah, ini Suar banget nih. Saking banyaknya poin resolusi yang dibuat seringkali Suar jalaninnya barengan. Manusia kan punya batasan pemikiran, daripada ngelakuin banyak hal tapi nggak ada yang selesai atau terwujud, lebih baik fokus satu-satu secara perlahan tapi langkahnya pasti dan besar kemungkinan terwujudnya.
5. USAHAKAN SETIAP POIN RESOLUSI MEMILIKI MOTIVASI YANG BERMAKNA
Motivasi diperlukan sebagai pendorong diri atau pengingat apa tujuan di balik poin resolusi yang direncanakan. Semakin dalam makna yang dituju, seharusnya semakin besar juga usaha kita untuk mewujudkannya. Misalnya, poin resolusi kita adalah mengikuti asuransi pendidikan anak, mungkin dapat memikirkan tahapan pendidikan anak dan inflasi keuangan yang akan terjadi di masa depan sebagai motivasinya.
6. INGAT RESOLUSI ADALAH SEBUAH HARAPAN, BUKAN BEBAN
Hal ini penting Sob, karena seringkali kita terjebak menjadi pribadi yang ambisius untuk mewujudkan resolusi tetapi tidak dapat lagi menikmati kehidupan sehari-hari kita. Menjadikan resolusi sebagai beban hidup tidak akan menjamin terwujudnya resolusi itu, Sob.
7. DUKUNGAN PIHAK-PIHAK TERDEKAT CUKUP DIPERLUKAN
Manusia adalah makhluk sosial jadi bagaimanapun juga dukungan pihak di luar diri kita sangat membantu dalam mencapai setiap poin resolusi yang kita buat. Dukungan ini dapat menjadi motivasi di kala kita mulai kehilangan kepercayaan diri, maupun apresiasi ketika kita meraih sebuah pencapaian.
8. SERING-SERINGLAH MELIHAT CATATAN RESOLUSI UNTUK ME-REVIEW APA YANG SUDAH TERWUJUD, MANA YANG MASIH PROSES, DAN YANG BELUM TERWUJUD SAMA SEKALI.
Refleksi dan introspeksi itu adalah sebuah tolok ukur dalam sebuah keberhasilan mewujudkan. Walaupun resolusi mungkin dibuat di awal tahun, namun tidak ada salahnya perbaikan atau perubahan-perubahan kecil dilakukan dalam poin resolusi yang kita buat. Berpikiranlah terbuka dan lebih fleksibel dalam proses mewujudkan resolusi tersebut.
9. JANGAN RAGU UNTUK MENGAPRESIASI DIRI ATAS SETIAP POIN RESOLUSI YANG TERCAPAI
Tips yang satu ini khusus ditujukan bagi kita yang selalu merasa kurang dan tidak mampu mewujudkan setiap resolusi. Apresiasi adalah satu bentuk penanaman hal positif tidak hanya bagi yang mengapresiasi namun juga yang diapsresiasi. Jadi, ketika kita mengapresiasi diri atas setiap keberhasilan sekecil apapun itu, akan sengat berguna bagi kita untuk lebih menumbuhkan sikap menghargai diri sendiri.
10. JANGAN MENYERAH APABILA POIN RESOLUSI GAGAL TERCAPAI
Kegagalan bukan akhir dari segalanya. Kehidupan bukanlah matematika yang sudah pasti segala sesuatunya, keberhasilan juga tidak akan ada tanpa adanya kegagalan. Jadi, bila mungkin kita menemui kegagalan dalam proses mewujudkan poin resolusi di akhir tahun, sebaiknya tidak langsung menyerah dan kemungkinan untuk berhasil di kesempatan berikutnya akan selalu terbuka lebar. Ingat, tidak ada hal yang mustahil bila kita percaya.

www.brilio.net

Sob, kira-kira inilah yang bisa Suar bagikan dalam menyambut Tahun Baru 2018. Suar seneng banget bisa menemani Sobat Suar semua selama beberapa bulan di tahun 2017 dan Suar berharap kita bisa terus berteman sampai di hari-hari selanjutnya. Satu resolusi awal tahun 2018 ini yang terbesar adalah Suar bisa jadi media untuk berekspresi dan menginspirasi Sobat Suar semua dalam menjalani kehidupan ini. Oke Sob, Selamat Tahun Baru 2018 ya, semoga kita semua meninggalkan 2017 dengan senyuman dan punya resolusi yang baik untuk 2018. Selamat berbahagia, Sob.
(Tim Suar)

Artikel pendukung:
https://kbbi.web.id/resolusi
https://www.kompasiana.com/edynugraha/perluasan-makna-kata-resolusi_55295e436ea834d97d8b4575

Leave a Comment