DUNIA DINO Fakta dalam Angka

TANYA TENTANG DINO

judul
Written by Suar

Sob, Dinosaurus adalah topik yang cukup menarik untuk dibicarakan. Hewan raksasa yang pernah menguasai kehidupan bumi ratusan juta tahun sebelum manusia pertama diperkirakan memulai kehidupannya. Walaupun mungkin hal ini cukup populer dibicarakan, tapi ada beberapa hal yang masih bikin SUAR penasaran tentang pendapat Sobat Suar tentang seputar keberadaan Dinosaurus. Ini sebabnya, kali ini SUAR akan tanya-tanya tentang Dino.

Setelah mendapatkan sekitar 41 responden, ternyata hasilnya cukup menarik, Sob. Tahu nggak, walaupun sudah banyak penemuan fosil dan tulang-belulang Dinosaurus yang sekian ratus juta tahun terpendam di kedalaman tanah, ternyata masih ada 2 dari 41 responden yang nggak percaya kali Dinosaurus itu pernah ada. Well, it’s fine kok, tapi ini menarik lho. Kalau gitu, ini dia hasil jawaban para responden terkait beberapa pertanyaan yang Suar ajukan tentang Dinosaurus.

 

  1. Percayakah kamu kalau Dinosaurus benar-benar hidup di bumi ini jauh sebelum manusia ada?

Tentang Dino

Sob, awalnya SUAR pikir semua Sobat Suar percaya kalau Dinosaurus itu ada. Ternyata, ada 2 orang responden dari total 41 orang yang menganggap bhwa Dinosaurus itu tidak pernah ada. Hal ini sebenarnya jadi bukti dan bisa diteliti lebih lanjut bahwa ada beberapa persen orang yang cenderung tidak percaya tentang eksistensi Dinosaurus.

 

  1. Dari mana kamu pertama kali tahu tentang Dinosaurus?

Tentang Dino

Pada pertanyaan ini, SUAR sebenarnya penasaran tentang sumber informasi tentang Dinosaurus yang diterima oleh masyarakat untuk pertama kalinya. Hasilnya, ada 2 media yang memberikan akses informasi tentang Dino ke para responden. Film dan buku sepertinya cukup menarik dan efektif untuk menyebarkan informasi tentang Dinosaurus. Apalagi film fiksi maupun non fiksi, menurut SUAR masih belum bisa terkalahkan efektifitasnya karena menyediakan informasi dalam bentuk audio dan visual. Perkiraan SUAR, ke depan media online akan jadi satu sumber yang paling banyak jadi sumber informasi tentang Dinosaurus juga.

 

  1. Apa jenis Dinosaurus yang paling kamu tahu/suka?

Tentang Dino

Ini menarik Sob. Ada banyak jenis Dinosaurus, terutama yang sudah populer. Seperti hewan modern juga, Dinosaurus pun terbagi menjadi beberapa klasifikasi seperti pemakan tanaman (herbivora), pemakan daging (karnivora), maupun pemakan segala (omnivora). Ada juga yang membagi antara Dinosaurus dengan tulang pinggul kadal (Saurischia) dan Dinosaururs bertulang pinggul burung (Ornithiscia). Berikutnya klasifikasi Dinosaurus yang berjalan dengan 2 kaki (theropoda) dan Dino yang berjalan dengan 4 kaki (sauropoda). Banyak banget pengklasifikasian ini, tapi tetep aja SUAR penasaran tentang jenis yang paling difavoritkan oleh Sobat Suar.

By the way, SUAR seneng karena Dinosaurus favorit SUAR jadi yang paling banyak dipilih oleh para responden (12 orang dari 41 responden). Yes, Brachiosaurus!. Dinosaurus jenis Sauropoda (yang berjalan menggunakan 4 kaki), herbivora berleher panjang dan berbadan tinggi mencapai 26 meter dengan berat hingga 55 ton. Biasanya mereka hidup di daerah pepohonan tinggi maupun danau rawa yang cukup dalam. Biasanya mereka hidup berkelompok selama kurang lebih 150 juta tahun yang lalu dan fosil tulangnya pertama kali ditemukan oleh Elmer S. Riggs pada sekitar tahun 1900.

Brachiosaurus

Dari hasil kuesioner ini juga ada yang menarik, Sob. Selain satu orang yang menjawab Dino Patti Djalal (aya-aya wae) sebagai jenis Dinosaurus terfavorit, ada satu orang menjawab Carcharodontosaurus sebagai Dino favoritnya. Nama Theropoda karnivora ini nampaknya memang bukan yang cukup populer layaknya Tyrannosaurus atau Raptor, tapi Dinosaurus ini termasuk yang berkarakter di jamannya lho, Sob.

 

 

Jadi, nama Carcharodontosaurus berarti “kadal bergigi tajam”. Hal ini bukannya tanpa alasan, karena Dinosaurus ini memang memiliki deretan gigi sangat tajam yang tertanam di tengkorak kepala terpanjang pada jenis Dinosaurus Theropoda, yaitu sekitar 1,6 meter. Tinggi Dinosaurus ini dapat mencapai sekitar 13 meter, panjang 3,9 meter dan berat mencapai 8,4 ton. Memang belum sebesar Spinosaurus, namun Carchadontosaurus layak untuk diperhitungkan sebagai Dinosaurus karnivora yang paling menyeramkan sejak sekitar 105 juta tahun yang lalu.

 

  1. Kamu setuju nggak kalau di jaman ini Dinosaurus dihidupkan kembali melalui rekayasa genetika?Jelaskan alasanmu secara singkat!

Tentang Dino

Sob, untuk pertanyaan berikut ini mungkin agak filosofis dan membutuhkan sedikit lebih banyak waktu berpikir sebelum menjawabnya. SUAR menganggap ini penting untuk ditanyakan karena saat ini kan bio-teknologi semakin gencar dikembangkan dan salah satu yang paling populer adalah kloning. SUAR ingin tahu aja sih, apa sih pendapat Sobat Suar seandainya ada pihak-pihak yang ingin “membangkitkan” Dinosaurus kembali di muka bumi ini.

Dari 41 jawaban yang SUAR dapatkan, sebanyak 71% menyatakan tidak setuju terhadap ide “pembangkitan” Dinosaurus kembali. Mereka paling banyak menjawab tidak dengan alasan karena Dinosaurus adalah makhluk berbahaya bagi manusia. Selain itu alasan terbanyak berikutnya kenapa mereka tidak setuju merujuk pada faktor keseimbangan alam masa ini yang mungkin sudah tidak sesuai lagi dengan makhluk seperti Dinosaurus. 2 alasan ini menarik dan SUAR pun sependapat dengan alasan yang menyebutkan bahwa kondisi keseimbangan alam bumi mungkin akan terganggu bila Dinosaurus kembali dimunculkan.

Selain 71% menjawab tidak setuju, 29% lainnya berpendapat setuju. Mereka yang setuju ini paling banyak beralasan Dinosaurus dapat dihidupkan kembali demi kepentingan ilmu pengetahuan. Seperti halnya Dinosaurus pada film Jurassic Park, mungkin juga berawal dari pengetahuan, ide kloning pun berlanjut pada bisnis hiburan. Namun, seperti cerita film itu juga, semua berakhir pada sebuah bencana yang sama sekali tidak diharapkan kehidupan manusia.

 

Sob, pembicaraan tentang Dinosaurus adalah sebuah topik yang menarik bagi SUAR. Dinosaurus adalah bagian dari sejarah panjang kehidupan di permukaan bumi. Hewan ini sudah menguasai bumi jauh sebelum manusia ada dan merupakan rantai penting dari evolusi makhluk hidup di bumi ini. Hasil survei kali ini cukup menarik Sob, karena banyak jawaban yang tidak terduga dan dapat menjadi dasar untuk penelitian lanjutan. Namun, bagaimanapun semua pendapat itu berharga dan apapun pandangan manusia terhadap Dinosaurus, faktanya makhluk ini banyak yang sudah punah dan sebagian kini sudah berubah menjadi bentuk lain untuk beradaptasi dengan lingkungan masa kini.

(Tim Riset Suar)

 

Sumber:

Buku “DINOSAUR AND PREHISTORIC LIFE”, Hazel Richardson. Smithsonian Handbook. 2003

Leave a Comment