PARA TENTARA Tahu Nggak, sob?

Tahu Nggak Sob, BEBERAPA NEGARA TANPA TENTARA?

Head
Written by Suar

Tahu Nggak Sob, kalau ada beberapa negara di dunia ini yang nggak punya angkatan perang alias tanpa tentara?

Sob, angkatan bersenjata biasanya dibutuhkan oleh sebuah negara sebagai alat pertahanan. Konsep ini sudah dikenal oleh manusia bahkan sejak sebelum dunia terbagi atas negara-negara. Saat ini, bagian sistem pertahanan ini begitu penting terkait kegunaannya sebagai penjaga kedaulatan sebuah negara.

Tapi Sob, kebutuhan akan sebuah angkatan perang atau tentara ini nggak selalu jadi sebuah keharusan dalam satu negara. Beberapa negara yang ada di dunia ini ternyata nggak punya angkatan perang lho. Berikut ini 6 negara di dunia yang nggak memiliki angkatan perang/tentara!

 

  1. KOSTA RIKA

Kosta-Rika

Salah satu negara dengan alam yang cukup indah di benua Amerika ini sudah tidak memiliki angkatan bersenjata sejak tahun 1948. Pada masa itu Undang-Undang penghapusan angkatan perang dihapuskan karena tragedi perang saudara yang terjadi di wilayah ini dan menewaskan kurang lebih 2000 orang. Namun demikian, berdasarkan Perjanjian Bantuan Resiprokal Inter-Amerika, bila suatu ketika terjadi perang di negara ini, Kosta Rika berhak meminta bantuan kepada sekitar 21 negara lain di benua Amerika, termasuk Kuba, Amerika Serikat, dan Chile.

  1. PANAMA

Panama

Seperti halnya Kosta Rika, Panama juga merupakan salah satu negara di Benua Amerika yang tidak memiliki angkatan bersenjata. Sejak tahun 1990, negara ini sudah tidak punya tentara lagi. Tetapi, Panama memiliki Panamanian Public Forces yang bertanggung jawab khusus untuk masalah keamanan internal masyarakat dan berbagai urusan pengamanan perbatasan negara.

  1. MONAKO

Monako

Monako adalah sebuah negara unik yang wilayahnya berada di dalam negara Perancis. Konon, negara yang memiliki bentuk kerajaan ini sudah tidak memiliki angkatan bersenjata sejak abad ke-17. Walaupun secara internal terdapat 2 unit pasukan yang masing-masing bertanggung jawab terhadap keamanan Pangeran Kerajaan dan keamanan rakyat jelata, negara Perancis memiliki tanggung jawab pertahanan bila sewaktu-waktu Kerajaan kecil ini mendapat serangan dari negara lain.

  1. VATIKAN

Vatikan

Vatikan juga merupakan negara terkecil di dunia yang wilayahnya berada di dalam negara Italia layaknya Monako di dalam negara Perancis. Walaupun secara ukuran Vatikan lebih cocok disebut kota, namun negara ini memiliki kedaulatannya sendiri dan dipimpin langsung oleh seorang pemimpin tertinggi Agama Katolik Roma yang bergelar Paus (Pope). Negara istimewa bagi penganut Katolik Roma ini sebenarnya memiliki 2 jenis pasukan Gendarmerie Korps yang lebih menyerupai polisi bagi rakyat Vatikan, serta Garda Swiss yang menjadi penjaga khusus keamanan sang Paus. Selebihnya, sistem pertahanan Vatikan berjalan tanpa tentara dan secara tidak resmi dibantu oleh negara Italia.

  1. LIECHTENSTEIN

Liechtenstein

Negara ini adalah sebuah kerajaan kecil yang berada di antara negara Swiss dan Autria. Setelah perang Austro-Hongaria pada tahun 1868, Liechtenstein pun menghapus angkatan perangnya karena tidak sanggup dalam hal pembiayaan. Bahkan, setelah lepas dari konfederasi Jerman pun negara kecil ini tetap tidak mampu membiayai pengadaan angkatan perangnya. Luar biasanya, negara ini pun tidak memiliki perjanjian kerjasama pertahanan dengan negara mana pun. Liechtenstein hanya punya sebuah ketentuan pendirian angkatan perang bila sewaktu-waktu terjadi perang di negara ini. Untungnya, sampai saat ini negara ini tidak sekalipun mengalami gejolak perang.

  1. ISLANDIA

Iceland

Negara dingin di wilayah utara Benua Eropa ini memang memiliki pemandangan unik yang sangat indah. Namun, negara ini termasuk negara dengan proporsi jumlah penduduk yang sedikit bila dibandingkan luas wilayah negaranya. Sejak tahun 1869 Islandia sudah tidak memiliki angkatan perang lagi. tapi hal ini bukan berarti Islandia tidak punya mekanisme pertahanan negara. Negara ini merupakan salah satu anggota Pakta Pertahanan wilayah barat (NATO) dan memiliki perjanjian pertahanan dengan Amerika Serikat bila sewaktu-waktu terjadi perang di wilayahnya.

 

Sob, inilah 6 negara yang tidak memiliki angkatan bersenjata layaknya negara-negara lain di dunia. Sebenarnya masih ada beberapa lainnya, tetapi 6 negara ini Suar rasa sudah cukup untuk mewakili. Setelah Suar pelajari, menurut Suar beberapa negara di atas berani menjalankan pemerintahannya tanpa angkatan bersenjata karena sebagian dari mereka memiliki perjanjian atau jaminan keamanan dari negara lainnya. Semoga informasi ini berguna serta menginspirasi kalian ya, Sob. Yang pasti, menurut Suar angkatan bersenjata bukan untuk gaya-gayaan dan pamer kekuatan di atas negara-negara lain, tapi lebih kepada alat pertahanan dan perlindungan bagi segenap warga sebuah negara.

(phosphone I Suar I 2018)

 

Sumber:

https://www.brilio.net/wow/15-negara-ini-tak-punya-kekuatan-militer-nggak-bisa-perang-dong-ya-1606159-splitnews-1.html

http://internasional.kompas.com/read/2016/09/07/16303061/inilah.10.negara.di.dunia.yang.tak.punya.tentara?page=all

 

 

Leave a Comment